«

»

Mar 20

Asosiasi Franchise di Indonesia

Asosiasi franchise merupakan perkumpulan pengusaha di bidang franchise.  Para Anggotanya bertugas dan berkomitmen menjaga standar etika di antara para pengusaha franchise.

Peran dari sebuah Asosiasi Franchise adalah sangat vital. Terutama bagi Franchisor. Keanggotaan franchisor dalam sebuah asosiasi dapat memberikan nilai tambah bagi franchisor misalnya dalam mendapatkan franchisee yang prospektif,  menggali potensi usaha diantara sesama anggota, atau sebagai ajang promosi bagi Franshisor.

Di Indonesia Organisasi Franchise berskala Nasional telah didirikan sejak tahun 1991. Organisasi ini bernama Asosiasi Franchise Indonesia (AFI). AFI merupakan forum kerjasama untuk meningkatkan dan mengembangkan potensi dalam menjadikan dirinya sebagai mitra Pemerintah. AFI bertujuan untuk :

  1. Menumbuhkan kode etik antar anggota.
  2. Mempersatukan Franchisor, Franchisee dan master Franchise di Indonesia.
  3. Membina perkembangan dan kemajuan usaha Franchising secara profesional.
  4. Mengusahakan adanya tertib dalam mendirikan usaha Franchise.
  5. Menggali potensi usaha franchising dengan terutama mengembangkan usaha menengah dan kecil.
  6. Membantu Pemerintah dan meninjau kembali secara berkala peraturan-peraturan yang mengatur semua usaha franchising di Indonesia.
  7. Mengadakan kerjasama dengan badan dan organisasi yang mempunyai tujuan dan usaha yang sejajar, baik ada di dalam maupun di luar negeri.
  8. Mengusahakan iklim usaha yang sehat dan mengarah pada praktek dagang yang baik.

 

Produk dari asosiasi tentunya adanya suatu Kode Etik yang harus dipegang oleh setiap anggota asosiasi. Kode Etik di AFI antara lain:

  1. Bersedia memberi informasi yang lengkap dan jelas dalam bahasa yang dimengerti oleh calon franchise dan dalam hubungan franchisor/franchisee mengenai komitmen dan tanggung jawab masing-masing. Informasi yang diberikan harus objektif, transparan, jujur dan tidak mengandung hal-hal yang menyesatkan.Informasi harus sudah diberikan tujuh (7) hari sebelum perjanjian franchise.
  2. Dalam memilih franchisee, franchisor tidak dibenarkan mengadakan diskriminasi berdasarkan ras, agama, gender, kelompok dst. Franchisor menolong para franchisee untuk mencari adpis profesional dan diperbolehkan menanyakan franchisee lain dari jaringannya.
  3. Franchisor mengembangkan dialog yang permanen dan baku dengan para franchiseenya dan dalam melakukan perubahan-perubahan dan perbaikan-perbaikan terdapat saling pengertian dalam mewujudkan kepentingan bersama.
  4. Franchisor memberikan pengarahan terhadap kegiatan usaha/bisnis franchise dengan tujuan mempertahankan integritas sistem franchise secara keseluruhan bagi pihak yang berkepentingan.
  5. Franchisee harus menjaga integritas dan nama dari franchisee dan tidak dibenarkan untuk menyaingi jaringannya sendiri dan mengalihkan pengetahuan pada pihak lain.
  6. Franchisee memberi informasi operasional yang benar dan jujur mengenai bisnisnya pada franchisor dan wajib menjaga kerahasiaan selama dan sesudah kontrak.
  7. Franchisor dan franchisee bekerjasama dengan loyal dan saling menghormati mengenai kewajiban dan komitmen mereka masing-masing dan dalam hal terjadi perselisihan franchisor maupun franchisee memprioritaskan untuk mencari solusi melalui mediasi serta komit untuk menjaga kepentingan konsumen.

Banyak keuntungan yang diperoleh  oleh anggota AFI.  Tetapi untuk menjadi anggota sebuah asosiasi tentunya ada persyaratan tertentu yang perlu dipenuhi oleh calon anggota. Jika perusahaan Anda ingin bergabung dengan AFI, berikut persyaratan untuk menjadi anggotanya:

  1. foto copy company profile / prospektus (penawaran
  2. foto copy SIUP, NPWP dan Tanda Daftar Deperdag (STPW
  3. pasfoto Direksi ukuran 2×3 sebanyak 2 (dua) lembar
  4. uang pangkal Rp.2.500.000,- (dua juta lima ratus ribu rupiah)
  5. uang iuran Rp. 250.000,- (dua ratus lima puluh ribu rupah) per-bulan

 

Informasi lebih lanjut dapat menghubungi:

Sekretariat AFI :

Jl. Darmawangsa X/A 19 Kebayoran Baru, Jakarta 12150, Indonesia,

Tlp. 62.21.739 5577, 723 4761 Fax. 62.21.723 4761

Email : info@franchiseindonesia.org

http://www.franchiseindonesia.org

 

 

 

1 comment

  1. Donat Bakar

    Program waralaba Donat Bakar dengan investasi awal hanya 7jt
    http://donatbakar.com/program-mitra

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Copy Protected by Tech Tips's CopyProtect Wordpress Blogs.