«

»

Nov 03

Franchise : Sebuah Strategi pemasaran yang tidak diragukan

Apakah pelanggan Anda mencintai produk dan jasa Anda dan sering memberitahu Anda bahwa Anda harus lebih mengembangkan sayap bisnis Anda keseluruh dunia?

Apakah Anda memiliki konsep bisnis yang unik dimana orang lainpun bisa menjalankannya untuk Anda, dan Anda tau itu akan berhasil.

Apakah Anda memiliki produk yang bagus atau jasa yang bagus tetapi Anda matia-matian menemukan seller untuk menjual produk tersebut untuk Anda?

Solusi masalah di atas adalah: Franshise

Tapi mengapa hanya sedikit sekali pemilik bisnis menfranchisekan bisnisnya?
Barangkali ini beberapa alasanya:
1. Mereka pikir franchise terlalu sulit dan komplek
2. Mereka takut kehilangan kontrol atas bisnis mereka
3. Mereka kira biayanya mahal
4. Mereka tidak tau bahwa bisnis mereka layak di franchisekan

Atau, mereka mungkin tidak tahu bagaimana memulainya sehingga mereka tidak pernah mencobanya.

Semua ketakutan ini tidak berdasar.

Itu adalah mitos.

Apapun bisnis Anda, pada prinsipnya bisa difranchisekan

Franchisability sebuah bisnis lebih tergantung pada bagaimana Anda menjalankan bisnis daripada bentuk bisnis itu sendiri

Berikut bebeberapa indikator bisnis anda bisa atau tidak di franchisekan (franchiseable)

  1. Anda mutlak memerlukan sebuah konsep bisnis yang layak. Tapi tidak harus konsep yang baru. lihatlah bagaimana Hamburger menfranchisekan bisnisnya.
  2. Anda harus memiliki sistem operasional yang baik. Ini berarti bahwa sebagian besar dari operasional bisnis haruslah sistematis.
  3. Bisnis Anda perlu di sederhanakan. Maksudnya, Anda harus mampu membuat orang lain mengerti bisnis Anda dalam waktu singkat
  4. Bisnis Anda haruslah bisnis yang menghasilkan uang. Tidak ada gunanya menfranchisekan bisnis yang tidak menguntungkan. Jika franchisee Anda dapat membuat sekitar 15% keuntungan untuk mereka maka itu sudah layak difranchisekan.
  5. Anda harus mampu mengelola perusahaan. Anda tidak akan lagi mengelola bisnis kecil. Anda akan menjadi seorang franchisor dan Anda mesti mempertajam keterampilan manajemen Anda.
  6. Apakah bisnis Anda memiliki keunikan tertentu? Keunikan bisnis merupakan fanktor pendukung yang juga menentukan kesuksesan bisnis.
  7. Bisnis Anda haruslah mampu berkembang di tempat manapun. Artinya bisnis tidak boleh berhasil di lokasi tertentu dan tidak mampu berhasil di tempat lain.
  8. Bisnis Anda sebaiknya tidak bergerak dibidang yang banyak dikuasai dan didominasi oleh pemain besar. Industri dengan skala kecil dan banyak pemain kecil lebih bagus dan mempunyai potensi sukses lebih besar.
  9. Apakah Anda bersedia untuk menerima saran dan bantuan yang tepat yang dibutuhkan untuk menfranchisekan bisnis Anda? Anda mungkin saja perusahaan dengan banyak cabang, tetapi Anda bisa saja tidak tahu banyak tentang franchise sehingga Anda akan perlu bantuan profesional.

Kesimpulan

Waralaba merupakan strategi pemasaran yang layak dipertimbangkan untuk memperluas sepak terjang bisnis Anda. Dan, saya pernah melihat bisnis franchise meledak dalam waktu yang sangat singkat.

David Frey

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Copy Protected by Tech Tips's CopyProtect Wordpress Blogs.