«

»

Jan 17

Franchisors Harus Bisa Memanfaatakan Media sosial

Hasil riset MarkPlus Insight  memperlihatkan bahwa pertumbuhan penggunaan Internet di Indonesia terus meningkat. Jika di tahun 2010 lalu rata-rata penetrasi penggunaan Internet di kota urban Indonesia masih 30-35 persen, di tahun 2011 ini ditemukan oleh MarkPlus Insight bahwa angkanya sudah di kisaran 40-45 persen. Artinya jumlah pengguna Internet di Indonesia pada tahun 2011 ini sudah mencapai 55 juta orang, meningkat dari tahun sebelumnya di angka 42 juta.

Pada tahun 2010 Indonesia Berada di Rangking Kedua Negara Pengguna Facebook Terbesar di Dunia dengan Jumlah Pengguna mencapai lebih dari 34.juta orang. Berada satu tingkat di atas Inggris yang penggunanya hanya 28 juta orang dan dibawah AS yang penggunanya mencapai 148 juta orang.

Dari riset MarkPlus Insight  ini terkuak pula pertumbuhan jual/beli online sebesar 100 persen pada tahun 2011 dibanding tahun 2010. Seperempat pengguna Internet memiliki alat untuk melakukan e-payment. Di antara alat yang tersedia, SMS dan Internet banking menjadi yang paling populer.  Tren meningkatnya penggunaan  Internet Banking  di Indonesia dapat pula dilihat dari  trafik pengunjung ke KlikBCA.com dan bankmandiri.co.id yang kini berada di peringkat 15 dan 28 website terpopuler di Indonesia menurut Alexa.com.

Aaron Shapiro, dalam sebuah artikel terbarunya  di The Harvard Business Review, yang berjudul Users are the New Growth Engine menyimpulkan bahwa pada tahun 2012 setengah dari semua pembelian konsumen baik yang ditransaksikan secara online atau transaksi digital lainnya – dipengaruhi atau disebabkan diantaranya oleh mesin pencari dan media sosial. Atau dengan kata lain, konsumen melakukan pembelian setelah mendapatkan informasi dari mesin pencari atau dari media sosial.

Jadi dapat disimpulkan bahwa, media sosial akhir-akhir ini adalah lahan promosi yang sangat ramah biaya bagi siapa saja Franchisor yang ingin memperkenalkan produknya, melebarkan sayap. Anda harus bisa memanfaatkannya.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Copy Protected by Tech Tips's CopyProtect Wordpress Blogs.