«

»

Feb 24

Kewajiban Penggunaan Logo Franchise di Setiap Gerai Franchise

logo franchise

Sejak tanggal 30 September 2013 bertepatan dengan diundangkannya Peraturan Menteri Perdagangan Nomor : 60/M-DAG/PER/9/2013, setiap Pemberi franchis (franchisor) maupun Penerima franchise (franchisee) wajib untuk menggunakan logo “waralaba” dan dipasang ditempat terbuka dan mudah dilihat baik dikantor pusat maupun disetiap gerai franchise.

Logo franchise ini adalah sebagai tanda pengenal atau identitas bagi pemilik atau pengguna franchise bahwa bisnis tersebut adalah benar-benar termasuk dalam kategori franchise bukan Bisnis Opportunity (BO) atau sejenisnya atau selainnya.

Disebabkan penggunaan logo franchise ini wajib digunakan, maka ada konsekwensi hukum jika para franchisor dan atau franchisee melanggar ketentuan ini diantaranya, dari yang paling ringan diberi peringatan tertulis, diberhentikan sementara STPW hingga yang paling berat dicabutnya STPW. Jadi berhati-hatilah.

Apakah pencantuman logo franchise ini akan menambah nilai bagi pebisnis franchise? Anda bisa saja memberikan jawaban atau prediksi sendiri tentang ini. Tapi mari kita berikan kepada waktu untuk membuktikannya.

Logo ini di diberikan oleh Menteri Perdagangan dalam hal ini Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri kepada Franchisor dan Franchisee yang telah mendapat Surat Tanda Pendaftaran Waralaba (STPW). Jadi bagi Anda yang ingin mendapatkan ijin penggunaan logo ini, sebaiknya menghubungi Ditjen Perdagangan Dalam Negeri di Kementerian Perdagangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Copy Protected by Tech Tips's CopyProtect Wordpress Blogs.