«

»

Jan 14

Kriteria Sebuah Bisnis Dikatakan Franchise

Tidak semua bisnis yang menawarkan konsep seperti franchise (atau dikenal dengan nama waralaba) adalah bisnis yang bisa dikatakan franchise. Ada kriteria-kriteria sebuah bisnis dikatakan franchise. Jika tidak memenuhi kriteria-kriteria yang telah ditetapkan tersebut maka bisnis tersebut bukanlah termasuk franchise, namun sebagian orang mengatakan hanya business opprtunity (BO).

Pemerintah telah memberikan batasan-batasan dan kriteria-kriteria sebuah bisnis dikatakan franchise yang tertuang dalam Peraturan Pemerintah nomor: 42 Tahun 2007.

Peraturan Pemerintah ini diharapkan dapat memberikan kepastian berusaha dan kepastian hukum bagi franchisor dan franchisee dalam memasarkan produknya.

 

Dalam Peraturan Pemerintah No. 42 tahun 2007 disebutkan bahwa franchise harus memenuhi kriteria sebagai berikut:

1. Memiliki ciri khas usaha.

Yang dimaksud dengan “ciri khas” adalah suatu usaha yang memiliki keunggulan atau perbedaan yang tidak mudah ditiru dibandingkan dengan usaha lain sejenis, dan konsumen selalu mencari ciri khas yang dimaksud. Misalnya, sistem manajemen, cara penjualan dan pelayanan, atau penataan atau cara distribusi yang merupakan karakteristik khusus dari pemberi franchise.

2. Terbukti sudah memberikan keuntungan.

Yang dimaksud “sudah memberi keuntungan” adalah menunjuk kepada pemberi franchise yang telah dimiliki kurang lebih 5 (lima) tahun dan telah mempunyai kiat-kiat bisnis untuk mengatasi masalah-masalah dalam perjalanan usahanya, dan ini terbukti dengan masih bertahan dan berkembangnya usaha tersebut dengan menguntungkan.

3. Memiliki standar atas pelayanan barang dan jasa yang ditawarkan yang dibuat secara tertulis.

Yang dimaksud adalah standar secara tertulis supaya penerima franchise dapat melaksanakan usaha dalam kerangka kerja yang jelas dan sama (standar operasional kerjanya).

4. Mudah diajarkan dan diaplikasikan.

Yang dimaksud dengan “mudah diajarkan dan diaplikasikan” adalah mudah dilaksanakan sehingga penerima franchise yang belum memiliki pengalaman atau pengetahuan mengenai usaha sejenis dapat melaksanakannya dengan baik sesuai dengan bimbingan operasional dan manajemen yang berkesinambungan yang diberikan oleh pemberi franchise.

5. Adanya dukungan yang berkesinambungan.

Yang dimaksud dengan “dukungan yang berkesinambungan” adalah dukungan dari pemberi franchise secara terus menerus seperti bimbingan operasional, pelatihan, dan promosi.

6. Hak dan kekayaan intelektual yang telah terdaftar.

Yang dimaksud dengan “hak kekayaan intelektual yang telah terdaftar” adalah hak kekayaan intelektual yang terkait dengan usaha seperti merek, hak cipta, hak paten, rahasia dagang sudah di daftarkan dan mempunyai sertifikat atau sedang dalam proses pendaftaran di instansi yang berwenang.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Copy Protected by Tech Tips's CopyProtect Wordpress Blogs.