«

»

Aug 22

Manfaatkan Kredit Bank Untuk Memulai Bisnis Franchise

 

kredit bank

Setiap memulai bisnis, baik bisnis biasa maupun franchise tidak terlepas dari kebutuhan permodalan. Salah satu tempat mendapatkan modal usaha adalah dari Bank.

Amir Karamoy, Ketua Komite Tetap Waralaba dan Lisensi Kamar Dagang Industri (Kadin) Indonesia, beberapa waktu lalu mengatakan, bahwa hampir setiap bank memiliki fasilitas pembiayaan franchise. Kalau pun ada bank yang tidak memiliki kredit franchise, Anda bisa memanfaatkan kredit mikro.

Kredit mikro adalah fasilitas pembiayaan skala kecil dari pemerintah yang biasa dikenal dengan Kredit Usaha Rakyat (KUR). Bank-bank yang biasa menyalurkan program KUR ini diantaranya Bank Rakyat Indonesia (BRI), Bank Negara Indonesia (BNI), Bank Mandiri, Bank Syariah Mandiri, Bank Bukopin, dan Bank Tabungan Negara.

Namun, untuk mendapatkan pinjaman memang tidak mudah. Ada berbagai persyaratan yang harus dipenuhi, misalnya jenis usaha yang jelas, pemilik yang kredibel, namun, syarat utamanya adalah Anda harus menunjukkan kontrak kerjasama franchise antara franchisee atau franchisor. Seperti pengajuan kredit kebanyakan, bank juga akan menilai kelayakan franchise yang akan Anda pilih. Jika memang bagus, aplikasi Anda berpeluang besar untuk lolos.

Peluang paling besar adalah jika Anda mengambil usaha franchise yang telah memiliki nama besar dan business plan yang telah teruji. Beberapa bank bahkan sudah menggandeng pemain besar untuk kerjasama pembiayaan bagi para calon franchisee, misalnya Bank BRI dengan Rajawali Mart, atau Bank BNI dengan Alfamartnya.

Anda layak untuk memanfaatkan fasilitas kredit dari bank ini untuk memulai bisnis franchise Anda, baik skala kecil maupun besar. Lengkapi syarat-syaratnya, susun proposalnya dan ajukan. Dan jangan lupa monitor lah perkembangan penilaian proposal Anda oleh bank.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Copy Protected by Tech Tips's CopyProtect Wordpress Blogs.