«

»

Sep 24

Membeli Franchise seolah-olah Anda akan menjualnya dalam Lima Tahun

Ketika seseorang membeli franchise, hanya ada pilihan, Anda menjualnya kembali suatu saat kelak atau mewariskannya kepada anak-anak Anda. Jika Anda mempertimbangkan untuk membeli franchise, saran yang bijak dan pendekatan yang baik untuk dilakukan adalah berencana untuk menjualnya suatu saat dan jadikan itu sebagai bagian dari analisis Anda.

Ketika mengevaluasi sebuah peluang franchise, hal yang mungkin perlu dipertimbangkan adalah: Bagaimana jika saya ingin menjual usaha ini dalam lima tahun? Skenario ini mungkin bukan merupakan tujuan Anda yang sebenarnya, namun dapat mengubah cara Anda mengevaluasi dan mempertimbangkan peluang franchise tertentu. Hal ini dapat menciptakan sensitifitas dan penekanan batas waktu pada aspek tertentu dari franchise. Pemberi modal atau Investor akan selalu hati-hati dalam mengambil keputusan investasi mereka. Alasannya adalah karena mereka ingin dana mereka kembali dalam jangka waktu 3 sampai 5 tahun. Standar ini mengharuskan mereka untuk mengevaluasi peluang investasi dengan kritis. Anda pun dapat menggunakan pendekatan yang sama.

Sebagai masukan, pertanyaan-pertanyaan yang mungkin diperlukan, yang sebenarnya ini merupakan  bagian dari Tim Evaluasi Franchise, adalah sedikit penekanan pada aspek-aspek dibawah ini:

  1. Seberapa cepat pencapaian profitabilitas sebuah franchise? Ini merupakan sebuah item kunci dalam mengevaluasi apapun, dan dalam hal ini, inilah kunci utamannya.
  2. Bagaimana track record franchisor, stabil dan konsistenkah? bagaimana sejarah franchisenya, apakah mengalami perubahan dalam pertumbuhan dan kinerja?
  3. Apakah pernah ada proses pengadilan atau tuntutan dari franchisee?
  4. Apakah merek dagang memiliki penetrasi pasar yang baik? Apakah franchise memiliki posisioning yang baik pada market  tertentu atau tersebar di berbagai market. apakah franchise memiliki konsep waralaba yang kuat?.
  5. Apakah kepemimpinan franchisor visioner? Sebagai suatu sistem yang berkembang,  kepemimpinan franchisor harus mampu mengelola pertumbuhan ini.
  6. Apakah pemilik waralaba memiliki neraca yang kuat dan catatan pendapatan yang konsisten?

Ketika melakukan evaluasi peluang sebuah franchise, mungkin perlu dipertimbangkan untuk menetapkan batas waktu operasional franchise. Meskipun ini mungkin bukan merupakan tujuan utama Anda sebenarnya, dimana Anda bisa saja melakukan evaluasi peluang franchise dengan cara yang berbeda. Evaluasi ini dapat lebih kritis hingga hasilnya dapat meningkatkan peluang Anda untuk sukses dan menurunkan risiko kegagalan.

Ed Teixeira

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Copy Protected by Tech Tips's CopyProtect Wordpress Blogs.