«

»

Aug 18

Persiapan untuk menjual franchise Anda

Sebagai franchisee, akan ada masa ketika Anda memutuskan untuk menjual bisnis franchise Anda. Jika Anda pemilik bisnis kecil sampai menengah, memutuskan untuk menjual bisnis mungkin karena didasarkan pada satu atau lebih sebab dibawah ini:

 

  1. Anda menderita “kelelahan.” Kenyataannya, rentang hidup rata-rata dari sebuah bisnis kecil adalah empat tahun.
  2. Menjalankan bisnis franchise tidak lagi menyenangkan.
  3. Nilai bisnis ini berada pada level tertinggi.
  4. Faktor kompetitif mengancam penjualan Anda.
  5. Ada keadaan khusus, seperti penyakit pribadi atau keluarga.

Tidak seperti pemilik bisnis lain, franchisee memiliki batasan-batasan tertentu mengenai penjualan franchise mereka. Kenyataan bahwa bisnis franchise hanya dapat dijual dengan franchise pula, bisa membatasi pembeli potensial dibandingkan dengan menjual sebuah bisnis yang dimiliki secara independent atau yang bukan franchise. Hal ini membuat kasus ini menjadi menarik, dan untuk pastikan bahwa franchise Anda siap untuk dijual.

Jangan berharap Franchisor mau membantu dalam penjulan bisnis Anda.

Franchisor memiliki hak kontraktual yang kuat tentang penjualan dan penugasan franchise. Hak-hak ini meliputi: menyetujui pembeli, transaksi pembelian dan memiliki hak penolakan. Tanpa program penjualan franchise yang terorganisir dengan baik, kebanyakan franchisee harus memikul tanggung jawab sendiri untuk menemukan pembeli yang berkualitas dan menyelesaikan transaksi dengan sedikit upaya yang keras. Ketika Anda memutuskan untuk menjual franchise Anda, pastikan untuk memberitahu pemilik franchise Anda karena mereka akan terlibat dalam berbagai tahap proses penjualan. Dan siapa tahu, mereka mungkin memiliki prospek franchise dalam database mereka yang mungkin berminat membeli franchise tersebut di pasar yang berbeda atau di daerah Anda.

Hal-hal penting yang perlu disiapkan dalam proses penjualan franchise

  1. Konfirmasikan, apakah akan ada perubahan dalam royalti, biaya iklan atau item penting lainnya setelah penjualan selesai. Karena franchisor biasanya meminta pembeli untuk mengisi dan menandatangani form perjanjian franchise, dimana kemungkinan akan ada hal baru yang dapat berdampak negatif terhadap profitabilitas masa depan dan harga penjualan franchise.
  2. Saran dan masukan dari jasa akuntan dan pengacara Anda mungkin akan dibutuhkan dalam menilai bisnis dan dalam berurusan dengan masalah hukum yang potensial.
  3. Jika lokasi adalah komponen kunci dari franchise Anda, istilah sewa Anda dapat menjadi faktor positif atau negatif tergantung pada jangka waktu sewa dan biaya sewa. Karena sewa jangka panjang di lokasi yang baik pada harga sewa yang wajar adalah merupakan nilai plus, sedangkan sebaliknya bisa akan menjadi negatif. Identifikasi dan negosiasikan pilihan-pilihan dengan pemilik lahan.
  4. Perubahan dalam persaingan yang alami dari usaha franchise memiliki dampak tertentu. Bersiaplah untuk menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan  persaingan.
  5. Apakah franchisor memerlukan franchisee baru untuk merombak tempat? beberapa konsep franchise, terutama di segmen makanan akan meminta pembeli untuk membawa makanan ke tempat duduk mereka beberapa yang lain tidak. Sekali lagi identifikasi persyaratan yang mungkin dirubah untuk franchisee baru.
  6. Jaga hubungan baik dengan  franchisor Anda. Seorang franchisee bisa di black list oleh franchisor gara-gara hanya mencoba untuk menjual franchise mereka tanpa memberitahukan franchisor mereka. jika ini terjadi, ini bisa masuk ke situasi yang merugikan Anda. Jika perlu, dapatkan nasihat dan bantuan dari pengacara franchise Anda.
  7. Miliki catatan keuangan yang baik dan terbaru serta akurat. Mayoritas penjualan usaha kecil gagal karena laporan keuangan mereka gagal menunjukanan  penghasilan pemilik, biaya operasi dan masa depan potensi penghasilan.
  8. Bersikaplah realistis dan jujur ??mengenai nilai bisnis franchise Anda. Kebanyakan pemilik bisnis kecil cenderung untuk berbuat kesalahan di sisi menetapkan harga penjualan yang cenderung lebih tinggi dari kemampuan keuangan yang mendukungnya

Membuat keputusan untuk menjual franchise Anda adalah sebuah keputusan penting dan memerlukan persiapan yang cermat sebelum listing untuk dijual. Pastikan Anda mendapatkan nasihat dari profesional sebelum dan selama kegiatan penting ini.

Ed Teixeira

 

1 comment

  1. Satriangkasa

    Kadang sisi buruknya menjadi pengusaha adalah mau untung terus, tidak mau kebagian ruginya. padahal untung rugi adalah dua hal yang selalu terkait apalagi jika ber-usaha. paling tidak mencoba memberikan yang terbaik untuk konsumen/ orang lain adalah solusi terpercaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Copy Protected by Tech Tips's CopyProtect Wordpress Blogs.