«

»

Aug 15

Pertanyaan-pertanyaan tersebut perlu anda jawab sebelum memilih jenis waralaba

Seperti investasi lainnya, membeli sebuah franchise juga memiliki resiko. Hati-hati lah ketika memilih franchise, sebaiknya pertimbangkanlah beberapa factor berikut, seperti demand produk atau layanan, persaingan, kemampuan Anda untuk menjalankan bisnis , latar belakang pemilik waralaba, dan dukungan yang diberikan oleh franchisor.

Demand produk atau layanan:
Apakah produk atau jasa yang di franchise kan diminati dalam komunitas Anda? Apakah permintaan produk tersebut sifatnya musiman? Apakah permintaan akan produk atau jasa tersebut juga akan diminati di masa datang? Apakah permintaan cenderung bersifat sementara, seperti menjual barang makanan yang sedang trend misalnya dimusim lebaran? Apakah produk atau jasa adalah bisnis yang berkelanjutan? Pertanyaan-pertanyaan tersebut perlu anda jawab sebelum memilih jenis waralaba.

Kompetitor / Pesaing
Berapa banyak pesaing, yang berskala nasional atau yang ada di sekitar Anda? Berapa banyak outlet waralaba yang dimiliki perusahaan pemilik waralaba di daerah Anda? Berapa banyak perusahaan yang bersaing menjual produk atau jasa yang sama ? Apakah perusahaan-perusahaan tersebut sudah mapan, terkenal dan diakui secara luas? Apakah mereka menawarkan barang yang sama dan layanan dengan harga yang sama atau lebih rendah? Pertanyaan-pertanyaan tersebut perlu anda jawab sebelum memilih jenis waralaba.

Kemampuan Anda untuk menjalankan Bisnis

Kadang-kadang, sistem waralaba bisa juga gagal, tidak ada jaminan akan berhasil. Apakah Anda merasa mampu mengelola dan menjalankan outlet bisnis Anda, bahkan jika hubungan antara franchisee dan franchisor putus? Apakah Anda memerlukan pelatihan yang ditawarkan pemilik waralaba, iklan, atau bantuan lain untuk berhasil? Apakah Anda memiliki akses ke pemasok yang sama atau lainnya? Bisakah Anda melakukan bisnis sendiri jika Anda harus memberhentikan pegawai untuk memangkas biaya? Pertanyaan-pertanyaan tersebut perlu anda jawab sebelum membeli waralaba.

Nama atau Merk
Alasan utama untuk membeli waralaba adalah hak untuk memasarkan dengan nama atau merk perusahaan yang dimiliki franchisor. Semakin terkenal nama atau merk perusahaan, semakin besar kemungkinan untuk menarik pelanggan yang tahu akan produk atau jasa tersebut. Oleh karena itu, sebelum membeli franchise, pertimbangkan hal-hal berikut:

1. Nama perusahaan dan seberapa terkenal perusahaan tersebut secara luas. – tentunya jika telah terdaftar sebagai merek dagang.

2. Berapa lama franchisor telah beroperasi.

3. Apakah perusahaan memiliki reputasi atas kualitas produk atau jasa yang baik

4. Apakah ada keluhan konsumen terhadap waralaba dan jika ada apakah pernah diselesaiakan melalui badan perlindungan konsumen?

Pelatihan dan Layanan pendukung
Alasan lain untuk membeli waralaba adalah untuk memperoleh dukungan dari franchisor. Apa bentuk pelatihan dan dukungan yang disediakan pemilik waralaba? Seberapa baik pelatihan yang mereka berikan, apakah cocok dengan tipe pelatihan untuk pekerja industri? Bisakah Anda bersaing dan punya nilai tambah jika dibandingkan dengan orang lain yang memiliki pelatihan yang lebih formal? Apa latar belakang yang dipunyai franchisor atau pemilik waralaba saat ini? Apakah mereka memiliki latar belakang teknis atau pelatihan khusus yang dapat membantu mereka berhasil? Apakah Anda memiliki latar belakang yang sama? Pertanyaan-pertanyaan tersebut perlu anda jawab sebelum membeli waralaba.

Pengalaman franchisor
Banyak franchisor memiliki dan menjalankan perusahaan yang mapan bertahun-tahun lamanya baik dalam menjual barang atau jasa sekaligus dan telah mahir dalam mengelola sistem waralaba. Beberapa pemilik waralaba memulai dengan bisnis mereka sendiri. Tidak ada jaminan, bahwa seorang pengusaha sukses dapat berhasil apabila menggunakan sistem waralaba. Sudah berapa lama franchisor telah berhasil dalam sistem waralaba. Apakah Anda merasa nyaman dengan keahlian pemilik waralaba? Jika franchisor minim pengalaman dalam mengelola waralaba, bimbingan, pelatihan, dan dukungan lainnya mungkin mereka tidak bisa diandalkan.

Pertumbuhan
Sebuah sistem waralaba yang bagus sangat peduli untuk selalu meningkatkan/memelihara nama atau merk dan hal itu adalah suatu keuntungan bagi Anda untuk menarik pelanggan. Pertumbuhan sendiri tidak menjamin sukses waralaba, sebuah perusahaan yang tumbuh terlalu cepat mungkin tidak dapat mendukung franchisee walaupun dengan semua layanan dukungan yang dijanjikan. Pastikan franchisor memiliki aset keuangan yang memadai dan staf untuk mendukung franchisee.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Copy Protected by Tech Tips's CopyProtect Wordpress Blogs.