«

»

Feb 01

Sentuhan Manusia: Bagaimana Memelihara Sentuhan Manusia Sebagai Pelengkap Teknologi Dalam Bisnis Franchise

 Tidak dapat disangkal lagi bahwa teknologi memiliki dampak yang besar terhadap  bisnis. Yang memungkinkan suatu perusahaan memasarkan  produk dan jasa  mereka kepada pelanggan di setiap sudut dunia, 24 jam sehari, tujuh hari seminggu.

Teknologi, bagaimanpun  juga tetap memiliki kelemahan. Sejauh ini terlalu banyak kasus,  dimana teknologi menggantikan peran orang dan itu menjadi penghalang dalam memberikan pelayanan optimal kepada pelanggan. Misalnya, apakah telephon terakhir Anda kepada suatu perusahaan dijawab oleh orang, bukan mesin? Dan sudah berapa kali Anda menemukan kasus tersebut, setelah melakukan pembelian melalui Internet, apakah Anda tidak dapat menemukan nomor telepon untuk perusahaan penjual ketika Anda ingin komplain?

Popularitas Internet jelas telah membuat konsumen memiliki kemampuan untuk memilih dan  membandingkan sebuah toko dengan toko lainnya  – dan mungkin akan dilanjutkan dengan membeli  – pada setiap saat, siang atau malam tanpa harus meninggalkan rumah. Ketika mereka menemukan permasalahan, seringkali  juga, mereka ingin berbicara dengan orang, bukan mesin. Terlalu sering ini terjadi, dan akhirnya Anda frustasi.

Berikut adalah tiga teknologi yang digunakan oleh perusahaan akhir-akhir  ini, beserta kelemahan-kelemahannya dan bagaimana mengatasinya:

Interactive Voice Response Systems: Diperkirakan bahwa 95 persen pelanggan memilih untuk berbicara dengan manusia, tetapi 98 persen perusahaan lebih memilih untuk menggunakan Interactive Voice Response Systems (IVRs). Penelpon (customer) harus berhadapan dengan berbagai pilihan, yang membuat frustasi dan memakan waktu: Tekan 1 untuk bahasa Inggris, tekan 2 jika Anda memiliki pertanyaan tentang account Anda, dan terus dan terus dan terus. IVRs mengirim pesan kepada pelanggan: Kami tidak ingin berbicara dengan Anda.

Jika perusahaan Anda memiliki lebih dari 100 karyawan, Anda harus memiliki seseorang yang menjawab telepon 24 jam sehari, tujuh hari seminggu. Ini mungkin akan mengeluarkan biaya sedikit lebih banyak daripada menggunakan IVRs, tapi itu akan membuat perusahaan Anda berkembang. Go Daddy, sebuah domain Internet pendaftar dan perusahaan hosting Web, adalah perusahaan teknologi tinggi, tetapi memiliki orang sungguhan (bukan mesin) untuk menjawab telepon dan selalu bersedia untuk membantu pelanggan dengan segala pertanyaan dan masalah yang mereka miliki.

Amazon juga memiliki kombinasi yang sempurna akan penggunaan teknologi dan sentuhan manusia.  Ceklah situswebnya, select “contac us”   tinggalkan pesan agar menguhibungi dirimu kembali, maka Anda akan menemukan seseorang akan menguhubungi Anda dalam beberapa detik kemudian. Kesuksesan dari kecepatan respon dan dedikasi Amazon untuk melayani pelanggannya sangat nyata dalam sistem penjualan perusahaan, dengan pencapaian yang tinggi setiap tahunnya.

Email. Banyak pelanggan merasa berhubungan lebih cepat dan lebih efisien dengan perusahaan melalui email daripada telephon, khususunya jika perusahaan tersebut menggunakan IVRs. Teknologi ini , juga, memerlukan sentuhan manusia. Jika pelanggan menghubungi Anda via email, sangat penting untuk menjawabnya segera, mungkin kurang dari 10 menit. Bahkan kadang-kadang perusahaan bukan hanya untuk menjawab pertanyaan, beberapa perusahaan menggunakan email untuk berkomunikasi dengan pelanggan mereka.

Internet:  Internet telah merubah cara perusahaan dalam berhubungan dengan pelanggan potensial mereka. Untuk menggunakan teknologi ini dengan sukses dan berdanpak posistif bagi pertumbuhan perusahaan Anda, bagaimanapun, Anda harus memahami bagaimana pelanggan dalam memanfaatkan teknologi ini. Pelanggan menggunakan teknologi untuk mengetahui tentang produk dan layanan dan dalam membandinkan harga.

Jika pelanggan potensial mengunjungi website perusahaan, dan tertarik pada satu produk, tapi mereka masih memiliki pertanyaan tentangnya sebelum memutuskan untuk membeli, Anda sebaiknya memberikan kesempatan mereka untuk menghubungi Anda dan memberikan informasi yang mereka butuhkan. Jika tidak, mereka akan segera berpindah ke website yang lain.

Penting bagi Anda untuk mengingat hal ini: Anda hanya satu klik saja dari “pengabaian” calon pembeli. Perusahaan yang merespon pertama kali pertanyaan pelanggan adalah perusahaan yang akan mendapatkan penjualan pertama kali. Anda mutlak harus membeckap teknologi Anda dengan layanan orang bukan hanya mesin. Anda harus benar-benar memberikan peluang bagi pelanggan untuk bisa menghubungi Anda, baik  lewat telphon maupun email.

Kesimpulannya adalah: teknologi telah memberikan perusahaan kemampuan untuk menjual produk dan layanan kepada jutaan orang di dunia, tetapi sentuhan manusia lah yang mampu memuaskan dan meningkatkan pengalaman pelanggan. Dan hal ini akan membuat pelanggan loyal dan bisnis Anda tentunya akan tetap solid. Hal ini bisa Anda terapkan pada perusahaan apa saja, apalagi perusahaan Anda telah di Franchise-kan.

http://www.franchising.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Copy Protected by Tech Tips's CopyProtect Wordpress Blogs.