«

Sep 13

Supply Chain Dalam Bisnis Franchise

 

Ketika Anda memiliki bisnis franchise, Anda tidak bisa lepas dari memikirkan supply chain atau rantai pasokan dalam bisnis franchise. Karena supply chain merupakan jantungnya dalam bisnis franchise.

Supply chain dalam bisnis franchise Anda mencakup setiap langkah dari perjalanan bahan baku menuju gerai franchise, untuk semua barang dan peralatan yang dibutuhkan franchise Anda agar bisnis franchise Anda dapat berjalan dengan sukses. Itu bisa saja seperti kebutuhan tomat untuk pembuatan saus atau perlengkapan pembersih untuk layanan kebersihan, dan lain sebagainya.

Supplay chain yang sukses itu mencakup:

  • Tepat Produk
  • Tepat Tempat
  • Tepat Harga
  • Tepat Waktu

Tepat Produk tidak hanya masalah mendapatkan tomat setiap pagi untuk bahan baku saus, tapi tomat itu haruslah sesuai dengan kriteria dan permintaan pelanggan Anda. Pastikan Anda tahu prosedur apa yang harus Anda ikuti untuk mengembalikan barang yang bukan merupakan produk yang tepat – sadarilah bahwa kesalahan pasti terjadi di beberapa titik.

Mengantar barang ke tempat yang tepat tidak hanya berupa melangsir sebuah truk ke alamat yang benar. Franchisee harus memiliki rencana untuk menerima, membongkar, dan menyimpan semuanya dengan benar, dan akan dibutuhkan cukup banyak pekerja untuk melaksanakan rencana mereka secara efektif.

Harga yang tepat mungkin merupakan harga serendah mungkin, dari sudut pandang franchisee, namun franchisor juga menginginkan harga yang berkelanjutan yang sesuai untuk pemasok dan franchisee, dan itu tidak selalu harga yang murah.

Pastikan Anda tahu apakah Anda memiliki banyak pilihan pemasok. Seringkali, franchisee harus membeli barang dari pemasok yang disetujui oleh  franchisor. Hal ini merupakan keuntungan bagi franchisee karena mendapatkan harga serendah mungkin, karena franchisor memiliki skala ekonomi yang tidak dapat dicapai oleh pebisnis independen. Tapi ceritanya akan menjadi lain dan bisa menimbulkan masalah ketika jika seorang franchisee lebih memilih pemasok lokal atau percaya bahwa dia dapat membuat kesepakatan yang lebih baik dengan pemasok independen. Hal ini janganlah sampai mengganggu hubungan antara franchisor dan franchisee.

Waktu yang tepat berarti franchisee memiliki bahan yang dibutuhkan, makanan segar, atau persediaan produk yang bagus untuk dijual. Kehabisan persediaan terhadap produk  akan bisa membuat frustrasi pelanggan Anda … Anda mungkin bisa kehilangan keuntungan pada hari itu, dan juga pelanggan dalam jangka panjang.

Waktu yang tepat mungkin juga tergantung pada jadwal pengiriman. Pemesanan dalam jumlah kecil dapat mempertahankan bahkan meningkatkan harga, atau Anda mungkin perlu bekerja sama dengan jadwal franchisee lain untuk mendapatkan pengiriman lebih kecil dengan harga yang Anda sukai.

Meskipun supply chain sangat penting, franchisee mungkin hanya memikirkan satu elemen dari supply chain yaitu tentang barang-barang yang dikirimkan ke gerai franchise mereka.  Tidak sedikit franchisee ritel yang mengatakan bahwa dia pikir dia bisa menyimpan persediaan di tokonya, lalu menjual semuanya, dan kemudian menggunakan keuntungan untuk mengisi persediaan kembali dengan mudah. Dia tidak memikirkan barang-barang yang akan dijual dengan cepat atau pelanggan yang menginginkan barang-barang yang tidak tersedia. Dia lupa bahwa menjaga persediaan yang cukup di gerai adalah tantangan yang nyata dalam bisnis franchise.

Pikirkankanlah supplay chain untuk bisnis Anda dengan serius dan pastikan Anda memahami persyaratan pembayaran, bagaimana menjadwalkan pengiriman, dan bagaimana mengatur pengembalian. Sehingga Anda benar-benar sukses dalam menjalankan bisnis franchise.

Inspirasi : http://www.americasbestfranchises.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Copy Protected by Tech Tips's CopyProtect Wordpress Blogs.