«

»

Jun 08

Tips Para Ahli Dalam Pengembangan Penjualan Franchise

 

Pengembangan franchise dan penjualan franchise adalah sama seperti proses penjualan lainnya, Anda memiliki produk, Anda harus memiliki pembeli khusus dan Anda perlu memastikan pembeli mengetahui produk Anda, perbedaan dalam proses penjualan franchise adalah bahwa Anda menjual suatu produk dengan hak kekayaan intelektual yang melekat pada produknya, berbeda dengan produk lainnya, proses ini butuh  waktu bagi tenaga penjual agar bisa nyaman dengan proses ini.

Miliki Kesabaran

Jika Anda belum pernah menjual franchise sebelumnya, proses ini memakan waktu dan fokus. Kebanyakan transaksi franchise butuh lebih dari 90 hari dan kadang dapat memakan waktu selama satu tahun untuk menyelesaikan proses penjualan. Ada variabel tak terduga yang bisa terjadi dan berpengaruh pada pembeli …. keluarga … keuangan dan gaya hidup yang semuanya akan berpengaruhterhadap keputusan ini, jadi janganlah buru-buru, take your time. Pembeli perlu didukung, dipandu dan dijaga intensitas komunikasinya ketika mereka datang untuk membeli franchise Anda. Jika Anda sedang berusaha untuk menjual franchise, Anda harus berada di sana melayani pembeli, memberikan mereka dukungan otentik, data dan informasi yang benar karena mereka sedang dan selalu melakukan proses evaluasi.

Sistem Manajemen

Milikilah sistem manajemen yang berkualitas untuk mengelola bisnis franchise, kepemimpinan dan komunikasi yang cair dengan pembeli adalah hal yang sangat penting. Penerapan CRM (Customer Relationship Management) pada penjualan franchise akan dapat memperoleh hasil yang lebih baik dalam rangka proses pengembangan Franchise Anda. Dengan sistem pelacakan yang efektif, pelaporan dan evaluasi data penjualan franchise,  Anda dapat membuat keputusan yang lebih baik tentang pasar, pengembangan bisnis dan tim penjualan franchise Anda. Sistem Pemasaran Franchise harus memiliki CRM yang bekerja dengan baik selama proses ini berlangsung.

Tentukan Profil dan Karakteristi Pembeli

Cobalah bekerjasama dengan berbagai jenis franchise yang berbeda dan model bisnis yang berbeda, beberapa industri dan bisnis franchise membutuhkan keahlian tertentu (penjualan, pengembangan bisnis, calon pelanggan, manajemen klien, dll) sementara yang lain mungkin saja  membutuhkan yang lain (Retail, Layanan Produk, Teknis, dll). Buatlah profil pembeli yang solid dan taatilah. Pastikan pembeli mengisi formulir evaluasi, pastikan bahwa mereka menjawab pertanyaan-pertanyaan secara lengkap dan akurat agar Anda dapat menarik kesimpulan apakah mereka cocok atau tidak untuk bisnis Anda. Kemudian tibalah bagian yang sulit … .katakan  tidak untuk calon yang tidak memenuhi persyaratan kualifikasi Anda … .bahkan  ketika mereka memiliki uang dan siap membeli franchise Anda.

Miliki Tim Penjual Yang Bagus

Biasanya membutuhkan banyak tahapan untuk membuat penjualan franchise, Anda harus memiliki banyak tenaga kerja selama proses ini berlangsung. Pemilik perusahaan harus tidak terlibat sampai  proses penjualan ini beralhir- Bangunlah nilai APA yang mereka dapatkan dan SIAPA yang bisa mereka hubungi ketika melakukan proses pembelian franchise. Jangan berikan mereka akses langsung ke pemimpin perusahaan pada awal proses penjualan.

Kenali Pasar Anda

Jangan masuk ke proses penjualan franchise tanpa melakukan evaluasi pasar yang lengkap dan memiliki gambaran kompetitif. Anda tidak akan dapat menjawab pertanyaan pembeli seperti “bagaimana perbadingannya dengan franchise ini dan itu?” Dengan jawaban seperti…. “Yah, aku belum pernah mendengar tentang mereka”, atau “Saya tidak tahu banyak tentang mereka” adalah terdengar seperti Anda hanya tahu tentang industry Anda saja. Memiliki informasi terupdate dan faktual adalah bagian dari  penjualan franchise yang efektif. Kami merekomendasikan rencana dan program penelitian pasar strategis yang baik sebelum meluncurkan kampanye penjualan waralaba Anda.

Miliki Legalitas Usaha

Pastikan bahwa Prosepektus Perusahaan Franchise Anda,  Pendaftaran Franhcise  dan Dokumentasi Legalitas Franhicse Anda telah lengkap agar penawaran franhise menjadi lebih efektif dan memiliki kepastian hukum yang jelas. Ingat, Anda tidak bisa memasarkan franhcise  secara legal sebelum Anda telah melalui proses ini, pastikan Anda menyelesaikan hal-hal mendasar ini sebelum Anda mulai memasarkan franhchise Anda.

Pehami Berbagai Strategi Pemasaran Franchise dan Temukan Mitra Strategis dan Karyawan yang Sesuai

Jangan risau jika franchise Anda masih tergolong kedalam bisnis yang kecil.  Semua berawal dari hal kecil untuk menjadi besar. Pehami lah semua seluk-beluk franchise terlebih dahulu seperti kesepakatan franchise, pengembangan franchsie, rekrutmen dan konsultasi franchise. Langkah penting lainnya adalah untuk menentukan bagaimana Anda dapat menemukan mitra strategis yang tepat dan karyawan yang tepat yang dapat membantu Anda mencapai tujuan Anda.

Nicole Hudson

www.franchisemarketingsystems.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Copy Protected by Tech Tips's CopyProtect Wordpress Blogs.